Rabu, 05 Juni 2019

pengenalan Ms. Excel 2010, mengenal Menu dan Fungsi menu Ms. Excel


Pengertian Microsoft Excel



Microsoft Excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Kelebihan Ms. Excel 
Microsoft Excel mempunyai beberapa kelebihan, seperti:
  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
  2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
  4. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.




Kekurangan Ms. Excel
Microsoft Excel mempunyai beberapa kekeurangan, Seperti:
  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2.  Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.


Mengenal Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel

Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. 
Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:
Menu Home

Clipboard,
digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari clipboard adalah sebagai berikut:
  • Cut, untuk menghapus/memotong teks.
  • Copy, untuk meduplikat teks.
  • Format Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.
  • Paste, menempelkan hasil copian data.


Font
submenu dari font adalah sebagai berikut;

  • Increase font size, membesarkan ukuran huruf.
  • Decrease font size, mengecilkan ukuran huruf.
  • Bold, menebalkan huruf.
  • Italic, mencetak miring huruf.
  • Underline, memberi garis bawah pada huruf.
  • Border, memberi bingkai pada tabel.
  • Fill color, memberi warna.
  • Font color, memberi warna pada huruf.
  • Font, untuk memilih jenis huruf.



Alignment
submenu alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;
  • Top Align, format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
  •  Middle Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
  •  Bottom Align, penggalan halaman.
  •  Align Left, format teks rata kiri.
  •  Center, format teks rata tengah.
  •  Align Right, format teks rata kanan.
  •  Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.
  •  Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.
  •  Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.

Number
submenu number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;


  • General, tombol pengaturan secara umum.
  • Curency, format mata uang.
  • Percent, format persen.
  • Comma, pemberian tanda koma pada data.
  • Decrease decimal, mengurang angka desimal.
  • Increase decimal, menambahkan angka desimal. 
Styles
submenu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;


  • Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
  • Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.
  • Cell style, pembuatan penampilan sel. 



Cell
submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
  • Insert, menyisipkan sel.
  • Delete, menghapus sel.
  • Format, pengaturan penampilan sel. 



Editing
submenu editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
  • Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.
  • Clear, menghapus sel.
  • Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data.
  • Find and select, mencari dan menseleksi data.


Tab Insert

Tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;


Tables
nama dan fungsi submenu dari tables adalah sebagai berikut;
  • Pivot table, membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
  • Table, membuat table.



Ilustrations
submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;
  • Picture, menyisipkan gambar.
  • Clip art, menyisipkan clipart.
  • Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
  • Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
  • Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
  • Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
Tab Page Layout


Tab ini digunakan untuk mengatur data, submenu dari tab ini adalah sebagai berikut :
  • Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
  • Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur penggalan halaman (page break), memberi background pada dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.
  • Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
  • Sheet option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.
  • Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar.
Tab Formula

digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal, dan waktu)
.

Tab Data

Digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau merefresh data. pada bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di bagian Data Tools, digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses group dan melepas group suatu data serta membuat subtotal.

Tab Review

Digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.

Tab View


Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar