Rabu, 05 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi menu Microsoft Word 2010

Mengenal Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi menu Microsoft Word 2010


Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai menu serta fungsi dari setiap masing - masing menu yang terdapat di office word 2010. Namun sebelum membahasnya kita perlu ketahui dulu apa  itu pengertian dan fungsi dari office word 2010 :

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sering digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word adalah Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya Software ini berada dalam satu paket Microssoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dan lain-lain.

Fungsi Microsoft Word


Microsoft Word memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai berikut;
  • Membuat dokumen dan menyimpan dokumen
  • Dapat membuat tulisan yang bervariasi
  • Bisa membuat grafik dan tabel
  • Membuat surat
  • Memasukkan gambar
Tampilan Awal Microsoft Word 2010

1. RIBBON


Dalam Word 2010 dikenal adanya Ribbon. Inilah yang membedakan Word 2010 dengan versi-versi sebelumnya. Ribbon merupakan menu yang ditampilkan menggunakan visualisai ikon dan terdiri dari beberpa TAB yang menampilkan fitur-fitur pada program. Ribbon biasanya terdiri dari TAB File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Review dan View.  

  • Tab File

  1. Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
  2. Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
  3. Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010
  4. Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
  5. Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
  6. Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
  7. New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
  8. Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
  9. Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
  10. Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
  11. Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font default dll.
  12. Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010

Tab home,



  1. Clipbord, untuk menampung atau menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenuini terdapat ikon paste, cut, format painter, dan copy..
  2. Font, digunakan untuk mengatur huruf dimulai dari jenis huruf, ukuran huruf dan lain sebagainya.
  3. Paragraph, digunakan untuk mengatur paragraf. dimulai dari mengatur teks, mengatur jarak anatr setiap baris (line Spacing) dan lain sebagainya.      
  4. Style, berguna untuk menjaga agar format dokumen tetap konsisten meski digunakan oleh beberapa orang. selain itu, bisa untuk melakukan format seperti mengubah huruf, angka, font hanya dengan perintah sederhana.
  5. Editing, secara umum editing terbagi menjadi 3 find, replace dan select.
  • Find, untuk mencari kata tertentu dalam suatu dokumen
  • Recpale, untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan dalam suatu dokumen
  • Select, digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu dokumen.

Tab Insert,
  • Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen
  • Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan
  • Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen
  • Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer
  • Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010
  • Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.
  • SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.
  • Chart - Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas
  • Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat
  • Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks
  • Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting
  • Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian
  • Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen
  • Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada dokumen
  • Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak
  • Wordart - Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik
  • Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar
  • Equation - Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen
  • Symbol - Sama dengan fungsi Equation
Tab Layout.
  • Themes - Untuk membuat theme atau tema yang akan kalian gunakan
  • Margins - Untuk mengatur ukuran dari kertas yang akan kalian gunakan
  • Orientation - Untuk mengatur mode kerta, apakah portrait atau landscape
  • Size - Untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kalian gunakan
  • Column - Untuk menentukan mode kolom tulisan pada setiap halaman dokumen
  • Watermark - Untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang bisa disebut juga sebagai identitas asli dari dokumen yang kalian buat
  • Page Color - Untuk menentukan warna atau gambar yang akan kalian jadikan background
  • Page border - Untuk membuat bingkai halaman



Tab Reference
Tab ini menyediakan menu  untuk membuat daftar isi dan halaman sehingga membuat daftar isi menjadi lebih mudah.

Tab Mailling
Tab ini memungkinkan anda membuat lebel amplop, ataupun berkerja dengan mail merger menjadi lebih mudah



Tab Review
Tab ini menyediakan menu untuk meneliti tulisan anda yang berhubungan dengan kesalahan penulisan tata bahas (grammar), translate dan juga menyisipkan komentar di dokumen anda.



Tab View
Tab ini memungkinkan anda mengatur tampilan layar kerja anda sesuai kebutuhan, termasuk meperbesar dan memperkecil.

2. Quick Acces Menu
Adalah menu yang ditampilkan diatas ribbon dan biasanya berisi menu-menu yang sering digunakan. Menu yang ditampilkan dapat disesuaikan dengan memilin tanda panah paling kanan, kemudian pilih more commands. Kemudian pada jendela Word Options, pilih di kotak kiri, yang akan ditampilkan di Qick Acces Menu (kotak Sebelah Kanan), caranya setelah menu di kotak kiri dipilih, tekan tombaol Add, setelah selesai jangan lupa tekan tombol OK

3. Status Bar



Terletak pada bagian paling bawah, menu ini menampilkan jumlah halaman, jumlah kata, dan bahasa yang digunakan (sebelah kiri), jenis tamplilan dokumen, dan Zoom Slider(sebelah Kanan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar